Kerja Praktik di NUS SoC (part 2)

Halo halo. Akhirnya sempet juga ngelanjutin tulisan tentang KP gw di blog ini. Bagian 2 ini insya Allah akan berisi pengalaman pada saat gw menjalani KP di NUS SoC. Tanpa basa-basi lagi, langsung aja ya!

Seperti yang telah dijelaskan pada bagian pertama tulisan ini, gw mendapat kesempatan untuk kerja praktik sebagai junior research assistant di School of Computing, National University of Singapore. Gw mulai KP sejak tanggal 21 Juni 2013 dan selesai tanggal 30 Agustus 2013. Lab gw adalah Media Research Lab 2 yang terletak di gedung AS6 lantai 4. Apa sih yang gw kerjain di sana? English-to-Chinese statistical machine translation atau bahasa Indonesianya mesin penerjemah statistik dari bahasa Inggris ke bahasa Mandarin. Jadi gw diminta oleh prof gw untuk mengembangkan sebuah sistem penerjemah otomatis (semacam Google Translate) dari bahasa Inggris ke bahasa Mandarin. Di lab prof gw ini udah banyak banget riset dilakuin untuk bikin sistem penerjemah otomatis dari bahasa X ke bahasa Inggris. Salah satunya adalah bahasa Mandarin ke bahasa Inggris. Namun, penerjemahan arah sebaliknya itu belum diriset secara ekstensif. Gw diminta untuk menerapkan segala konfigurasi yang udah dipake untuk sistem penerjemah otomatis dari Mandarin ke Inggris pada sistem yang akan gw buat nanti. Oh iya, karena sistemnya statistik, jadi gw gak perlu belajar bahasa Mandarin sama sekali. Tools yang mau dipake juga udah tersedia dan lengkap: Moses.

My cubicle
My cubicle

Seperti yang bisa dilihat pada gambar di atas, itu adalah cubicle gw di lab. Sesungguhnya OS-nya yang dikasih itu Windows 7, tapi gw boleh nginstal sendiri jadi gw instal Ubuntu ๐Ÿ™‚ Lagipula karena kerjaan gw harus dilakuin di NLP cluster yang gw perlu SSH ke sana, terminal Ubuntu jauh lebih baik ketimbang PuTTY yang ada di Windows. IMHO, hal-hal berbau kodingan emang lebih menyenangkan di Ubuntu (atau Linux secara umum) ketimbang Windows :p

Setiap hari gw dateng ke lab sekitar jam 10an dan pulang jam 18an. Sebenernya gak ada jam kerja pasti sih. Gw boleh aja gak dateng ke lab dan ngerjain kerjaan dari rumah. Tapi di lab koneksinya jauh lebih stabil (ya iya lah) makanya lebih enak ngerjain kerjaan di lab. Nanti di rumah udah gak kepikiran kerjaan lagi haha. Kerjaan gw setiap harinya adalah mencoba satu per satu konfigurasi sistem penerjemah otomatis Mandarin ke Inggris pada sistem penerjemah otomatis Inggris ke Mandarin yang gw buat. Sebagian besar waktu gw dihabiskan untuk nungguin script selesai dieksekusi karena banyak banget script yang selesainya bisa lebih dari 10 jam. Kalo udah nganggur gitu, biasanya gw streaming Youtube nyari video-video keren. Kadang gak enak juga sih kalo keliatan temen satu lab lagi nganggur gitu tapi toh temen lab ada juga yang tiap gw liat kerjaannya main game tank-tank-an gitu jadi ada temennya lah :p

Secara keseluruhan enak banget KP di sini. Segala fasilitasnya sangat menyenangkan. Tapi yang lebih bikin seneng adalah berkenalan dengan mahasiswa Indonesia di NUS dan NTU. Kebetulan si Raja punya kenalan anak NUS dari Indonesia angkatan 2009. Namanya Mercia Wijaya. Ini orang baik banget. Begitu kenal ama kami (gw dan intern lainnya), dia langsung sigap selalu ngajak-ngajak kami kalau anak-anak NUS lagi ada acara (“anak-anak ” di sini maksudnya mahasiswa-mahasiswa Indo ya). Begitu kenalan ama Mercia, langsung deh kami dikenalin ama berpuluh-puluh mahasiswa Indo lainnya di NUS. Akhirnya hidup kami menjadi lebih berwarna! Sebelumnya kami bosen banget karena tiap weekend meski jalan-jalan tapi cuma cowok-cowok berempat atau kadang bertiga aja. Kan gak seru banget tuh garing abis cowok semua. Setelah kenal sama anak-anak NUS, jalan-jalan kami jadi seru! Makasih banget deh pokoknya buat Mercia yang udah sangat berbaik hati ngenalin kami ke banyak orang ๐Ÿ™‚

National Day @ Marina Barrage #1
National Day @ Marina Barrage #1
National Day @ Marina Barrage #2
National Day @ Marina Barrage #2
Mercia Wijaya (kiri) dan gw (kanan)
Mercia Wijaya (kiri) dan gw (kanan)

Itulah sedikit foto-foto gw dan teman-teman pas National Day di Marina Barrage. Kalo mau liat yang lebih lengkap cek aja Facebook gw B-)

Kisah KP gw gak akan lengkap tanpa gw ceritain tentang temen-temen dari NTU juga. Jadi, selain Mercia, Raja juga kenal sama yang namanya Nurvirta Monarizqa (Mona). Dia intern juga sama seperti gw tapi dia di NTU. Jadi ceritanya kami semua udah pernah kenalan ama anak-anak NTU pas Idul Fitri di KBRI. Tapi kami baru jalan-jalan bareng itu pas abis 17an di KBRI. Waktu itu di KBRI gw dan Ashar ketemu Mona dan Mona setelah acara 17an di KBRI mau jalan-jalan ke Pulau Ubin bareng anak-anak NTU lainnya. Tentu saja kami pengen ikutan. Akhirnya gw, Ashar, dan Raja pun ikutan ke Pulau Ubin bareng-bareng sama anak-anak NTU lainnya: Nofandy Nur Ibrahim (Iib), Luthfi Nur Afifah (Ifa), dan Anugerah Erlaut (Agi).

20130817_165952

20130817_181959

20130817_182109

20130817_182155

20130817_184223
Dari kiri ke kanan: Mona, Ashar, gw, Raja, Ifa, Iib. Kasian si Agi gak ada fotonya :p

Sekali lagi, kalo mau liat foto-foto lengkapnya silakan cek profil FB gw ya B-)

Hmm kayaknya segitu aja yang bisa gw tulisin di sini. Sebenernya masih BANYAK BANGET kisah selama gw menjalani KP di NUS SoC. Tapi sayangnya kemampuan menulis gw amat sangat terbatas untuk menuliskan itu semua, apalagi sampe bisa menyampaikan kesan dan perasaan gw di tiap kisah itu haha. Satu hal yang bisa gw sampaikan: gw sangat bersyukur bisa dapet kesempatan ini karena gw dapet banyak banget pengalaman dan temen yang baik dan asik banget. Jadi kalo ada yang tertarik untuk KP di NUS SoC, terutama junior-junior Fasilkom, jangan ragu untuk tanya-tanya ke gw atau ke 3 orang lainnya. Insya Allah pada mau kok bantuin kalian ๐Ÿ™‚

2 thoughts on “Kerja Praktik di NUS SoC (part 2)

Leave a comment