Kerja Praktik di PT Ice House: Cari, Dapat, Nyaris Telat, dan Jatuh Cinta

Halo semua!

Perkenalkan, gua Ricky Arifandi Daniel, Ilmu Komputer 2010 (of course! you’re reading blog  of TURBO!).

Gua mau bercerita tentang pengalaman kerja praktik gua di sebuah perusahaan startup IT yang keren abis! Namanya PT Ice House. Terjemahan harfiahnya Rumah Es. Kenapa namanya Ice House? Kan bikin software? Bukan bikin es? Nah kalo yang itu gua kurang tau. Coba bisa tanya langsung ke Chairman-nya, Mr. Adriaan Ligtenberg.

Jadi, anak TURBO yang sedang KP di Ice House itu ada tiga (sampai sekarang), yaitu gua sendiri, lalu Muhammad Mufid (CS10), dan Aditya Try Anggoro (CS10). Gua sama Mufid itu udah mulai duluan dari Komjin (sapaan akrab Aditya), karena kita berdua udah diterima di sini lebih dari sebulan sebelum mulai. Sementara Komjin baru diterima saat gua sama Mufid udah mulai. Jadi kita terpisah jarak seminggu, gua sama Mufid mulainya tanggal 17 Juni, sedangkan Komjin mulai tanggal 24 Juni. Nah! Gua berharap banget nih teman-teman TURBO yang saat ini (kalo bacanya masih dalam masa KP ya, kalo baca postingan ini udah tahun 2017 ya udah ga laku) sedang butuh KP, silakan apply! Seru banget di sini (ntar dijelasin serunya gimana), dan kalo ditanya dapet info dari siapa boleh kok bilang “dari Ricky” #uhuk

Oke, sekarang gua mau cerita dulu gimana dulunya gua tertarik untuk apply ke Ice House. Awal semester, bahkan sebelum semester enamnya TURBO dimulai, gua sudah mulai menggalaukan masa depan per-KP-an gua. Gimana engga, melihat para senior dan sarjana lain yang susah dapetin kerja, gua ngerasa “Waduh! Yang udah dapet sarjana aja susah dapet kerja, gimana gua yang bahkan belum pernah ngerasain project beneran!”. Akhirnya gua sudah memulai pencarian tempat KP gua sejak sebelum semester enam dimulai.

Salah satu cara ampuh mencari lowongan pekerjaan adalah…membuka forum lowongan pekerjaan. Forum lowongan pertama yang gua buka tentu saja Forum Lowongan-nya SCeLE fakultas kita tercinta, Fasilkom UI. Nah, di sana gua melihat sebuah postingan dari Kak Mamaz (Hisma Mulya Sudrajat, CS2006) tentang Ice House. Setelah membaca deskripsinya, gua sangat tertarik nih! (nih link ke postingannya, sorry hanya untuk anak Fasilkom). Langsunglah gua kontek-kontekan sama Kak Mamaz tuh via WhatsApp. Tanya ini itu sampai gua rasa Kak Mamaz bosen jawabnya. Akhirnya gua nge-apply dengan mengirimkan CV gua yang apa adanya ditambah sedikit motivation dan tulisan yang meyakinkan Ice House kenapa gua cocok untuk bekerja di Ice House.

Setelah gua melamar, lamaaaaaaaaaaaa pake banget ga ada jawaban. Gua tanya Kak Mamaz, katanya “oke ntar gua bilangin ke manajer, sabar aja”. Oke. Gua tunggu terus sampai udah tengah semester. Karena putus asa, gua pun cari juga lowongan KP di tempat lain. Lalu gua baca di Twitter, ada info tentang lowongan di RUMA. Gua daftar. Setelah itu gua dipanggil interview. Setelah itu gua diterima. Setelah itu gua dikasi internship offer (kontrak magangnya). Saat gua sudah mulai menetapkan hati untuk memilih RUMA sebagai labuhan KP gua, TIBA-TIBA MBA DEBBIE NELPON GUA MINTA INTERVIEW! Mba Debbie ini office manager merangkap finance merangkap hrd (pada saat itu) nya Ice House. Langsunglah gua jawab “OKE MBA SAYA BISA!” (tapi ga pake teriak kok, capitalization is only for dramatic effect).

Suatu hari, gua cabut tuh ke Ice House, kantornya ada di Jalan Senopati, deket SCBD. Kalo ga salah itu pas masa UTS jadinya ada waktu kosong untuk cabut (23 SKS cuy gua ngambil, susah cabut). Lalu gua di-interview oleh COO-nya langsung! Pak Fajar Budiprasetyo. Di wawancara itu, pengetahuan gua tentang Java bener-bener dikuras (ada pertanyaan teknis dan non-teknis lainnya, tapi ga terlalu susah). Gua berasa bener-bener kembali ke UAS DDP tiga tahun yang lalu! Inheritance, polymorphism, object, garbage collector, itu cuma sedikit dari sekian banyak yang ditanya-tanya oleh beliau. Gua langsung mikir “mampus gua, ga diterima kayanya wokwokwokw”. Terus gua tanya deh kapan informasi penerimaannya. Lalu beliau bilang “paling lambat sih seminggu, tapi kalo kamu kayanya cepet, saya suka sama kamu”. TING! Gua langsung panas. Wew. Wew. Wew. Gua pun pulang dengan berbahagia. Oiya, pas interview gua juga ketemu sama senior-senior Fasilkom yang juga udah di sini. Ada Kak Yasmin, Prildy, Phillip, dll.

Lalu besoknya, saat kelas CIS, Jumat pagi (iya, gua baru inget itu bukan masa UTS, tapi gua cabut mentoring PPL demi interview), gua dapet email yang masuk ke HP gua. Pengirimnya Debora Tambunan, *********@icehousecorp.com. Woot. Subject-nya “Internship Offer”. Woot woot. Gua baca tuh email dengan menghiraukan Pak Stef yang sedang mengoceh tentang public key cryptography di depan kelas (padahal gua duduk paling depan). GUA DITERIMA! Yes!

Lalu gua galau. Kenapa? Karena gua sudah diterima di RUMA sebelumnya. Lalu apa yang harus gua lakukan? Gua pengennya di Ice House. Tapi RUMA udah memilih gua duluan! Ini bagaikan disukai oleh satu orang wanita cantik, namun lu mencintai wanita lain yang lebih cantik! (gua belum pernah ngerasain ini sih sebenernya, as far as i can remember). Lalu gua pun curhat ke orang-orang tentang ini, dan i got mixed answers. Lalu setelah menetapkan hati, sebagai laki-laki tampan nan gagah berani, tentu gua memilih cewek yang gua cintai dan yang lebih cantik. Akhirnya gua mengirim surat penolakan penuh cinta ke RUMA. Maaf RUMA, aku cinta sainganmu.

Setelah diterima, gua pun tenang. Lega. Gua tinggal nunggu waktu KP dimulai. Gua tinggal mikirin gimana caranya ini PPL bisa selesai. Gua tinggal mikirin gimana caranya ini gua bisa lulus Anum. Gua tinggal mikirin gimana caranya ini gua bisa survive di kelas TKTPL. Tanpa mikirin KP.

Lalu UAS pun berlalu. Tanggal 14 Juni 2013, gua pulang ke Padang. Karena Abang gua melangsungkan resepsi pernikahannya (yang menyebabkan gua satu-satunya yang masih jomblo kakak-beradik–ini ga penting). Pulanglah gua. Resepsi ini diadakan di Sukarami, Solok. Nah, Minggu 16 Juni 2013, gua harusnya balik ke Jakarta karena besoknya udah mulai KP. Jadwal flight gua adalah pukul 20.10. Nah, pada pukul 16.30 gua cabut dari Sukarami ke bandara. FYI, Sukarami ke Padang itu jalanannya menurun, dan sedang ada perbaikan jalan, jadinya ada buka-tutup jalan. Sialnya, gua terjebak! Pukul 17.00 gua terjebak karena jalan menurun sedang ditutup, sedang jatahnya mobil-mobil dari bawah untuk naik. Gua nunggu deh tuh.

Udah macet, kabut lagi!
Udah macet, kabut lagi!

Setelah lama ga buka-buka, abang gua yang nganterin nelpon rumah di Sukarami buat ngirim bala bantuan. Akhirnya dikirimlah ajudannya bokap gua (ceilah ajudan, ga juga sih, cuma orang yang sering bantuin bokap) menggunakan motor. Nah, kalo motor kan bisa nurun walaupun jalannya ditutup, karena bisa nyelip-nyelip (you got the point lah). Turunlah gua pukul 19.00 pakai motor. Di bawah (Padang) abang gua yang lain udah nungguin pake mobil yang lain. Lalu gua ditransfer ke mobil itu. Pas gua naik mobil, pas hujan deres! EPIC! Lalu ngebutlah gua  dan abang gua dan istri barunya ke bandara. Tak lama ternyata abang gua yang nganterin pertama tadi udah nyusul di belakang. Lalu kamipun konvoi ke bandara, ujan deres, pasang lampu hazard, >100 km/j. Epic pisan pokoknya mah. Lalu kamipun sampai ke bandara…pukul 20.11! Shoot! Gua langsung berlari tuh ke dalam terminal, lalu nanya ke bapak-bapaknya tentang pesawat gua. Sialnya on-time! Padahal gua ngarep banget pesawatnya delay karena hujan yang super parah. Lalu gua dan abang-kakak gua yang nganterin pun telantar di pelataran bandara. Gua berupaya buat mencari tiket pulang malam itu juga. Bahkan setelah ditawarin calo pun gua berminat, yang penting gua bisa balik ke Jakarta malam itu juga. Namun sayangnya, setelah menunggu lama, tidak ada pesawat kosong lagi malam itu, si calo pun meninggalkan kami telantar tanpa jawaban.

Telantar
Telantar

Gua pengen nangis. Lalu kakak ipar gua pun mem-booking-kan pesawat Senin pagi pukul 05.45. Well, better late than never. Malam itu pun gua istirahat dulu di rumah kakak gua di Padang. Lalu gua kirim email ke Mba Debbie kalo gua kayanya bakal telat masuk hari pertama. Pagi buta gua pun dianter kakak ipar gua ke bandara. Akhirnya gua bisa pulang ke Jakarta!

Pulaaaang
Pulaaaang

Lalu gua pun sampai di Jakarta pukul 07.30-an. Langsung cabut naik taksi ke kantor. Hari pertama! Mana macet lagi. Gua pun cemas. Akhirnya pukul 09.00 tepat gua nyampe ke kantor Ice House di Jalan Senopati. Anehnya gua nyampenya barengan Mufid! Padahal kita ga janjian loh!

Lalu gua dan Mufid pun naik ke atas, dan menunggu Mba Debbie. Setelah itu Mba Debbie datang lalu mendata kami berdua, ngasih laptop dan kartu pas, ngurusin kontrak, serta melempar kami ke Mba Gifika yang memberikan basic training. Maka dimulailah hari pertama KP di Ice House ini.

Hari pertama gua habiskan dengan melakukan set up working environment di laptop yang dikasih kantor. Maka gua install-lah tool-tool yang bakal dibutuhin selama KP di laptop ini.

as an Apple hater, I don't know what to do with this MacBook Air given by Ice House
as an Apple hater, I don’t know what to do with this MacBook Air given by Ice House

Lalu di hari pertama ini gua juga menyadari bahwa Afour (IS2010) dan Nizar (IS2009) juga KP di Mediatrac, yang kantornya ada satu lantai di bawah Ice House. Yeay! Bakalan rame nih!

Lalu minggu pertama gua pun dijalanin dengan: melakukan testing terhadap aplikasi mobile berbasis iOS (kalo Mufid Android) yang dibuat Ice House, makan, minum kopi, bikin KAKP, makan ke luar, makan, minum, minum kopi, belajar iOS, makan. Buset makan mulu! Ga abis duit lu?!

Nah! Ini dia salah satu hal yang membuat gua jatuh cinta ke Ice House!  Nih gua jabarin semuanya:

  1. Competitive salary. Gaji yang gua terima di Ice House buat KP ini lumayan loh bikin ngiler. Ya anggep aja gua ngasdos full-time (bener-bener full 40 jam per minggu) deh itungannya. Nah segitulah gua digaji di sini. Behhh segerrrr.
  2. Coffee and snacks. Nih yang gua bilang di atas. Gua makan minum mulu. Tapi GRATIS! Ada espresso machine (yang ngebikin gua sebagai pecinta kopi me gusta se-megustamegusta-nya), minuman berupa susu ataupun soda, snack-snack buat ngunyah, dll! GRATIS!
  3. Fun work environments. Wih ga ngerti lagi deh. Seru beneran seru. Jam masuk fleksibel. Ada PS3. Suasana kantornya enak parah. Tempat duduk empuk. Dipinjemin MacBook (walaupun gua benci Apple, ya bolehlah kalo sesekali kalo nongkrong di suatu tempat nenteng-nenteng MacBook kan keren tuh). Ada BBQ party kalo ada occasion penting.
  4. Orangnya seru-seru. Selain banyak alumni Fasilkom di sini, orang-orang lainnya juga seru-seru! OB-nya aja kocak! COO-nya (yang dulu wawancara gua, yang jadi penyelia KP gua) juga asik abis.
  5. Great view! Alamaaaak liat deh foto yang gua pasang di bawah nanti.

Di hari kedua, Ice House mengadakan BBQ party karena beberapa hal, salah satunya menyambut gua dan Mufid sebagai newcomer di sini. Gila, gua ngerasa sangat appreciated coy!

BBQ Party. Bisa diliat beberapa alumni Fasilkom dan view yang sumpah keren parah
BBQ Party. Bisa diliat beberapa alumni Fasilkom dan view yang sumpah keren parah
OMG
OMG
Nih salah tiga alumni Fasilkom yang di sini
Nih salah tiga alumni Fasilkom yang di sini
Suasana kantor. Ini udah maleman sih jadi sepi.
Suasana kantor. Ini udah maleman sih jadi sepi. Dan iya itu Komjin yang baru masuk hari ini.
Kapan lagi bisa kerja sambil main PES?
Kapan lagi bisa kerja sambil main PES?

20130624_180808

ESPRESSO MACHINE! ME GUSTA!
ESPRESSO MACHINE! ME GUSTA!

 

uwwwoh ga bosen dah
uwwwoh ga bosen dah

Nah, kayanya segitu dulu yang bisa gua share tentang per-KP-an gua di Ice House. Seperti judulnya, gua bagi empat tuh. Cari, gimana gua mencari peluang untuk memulai KP di tempat ini. Dapat, gimana gua akhirnya mendapatkan kesempatan buat KP di sini. Nyaris Telat, gimana perjuangan gua menempuh hujan dan macet demi KP di tempat ini. Dan terakhir Jatuh Cinta! Tenang, bagi para penggemar gua, bukan jatuh cinta ke salah satu cewek di sini, tapi jatuh cinta dengan kantor ini!

Nanti bakal gua ceritain lagi gimana perjalanan KP gua selanjutnya di sini bersama Mufid dan Komjin.

See you!

~araishikeiwai

 

 

 

 

 

 

20 thoughts on “Kerja Praktik di PT Ice House: Cari, Dapat, Nyaris Telat, dan Jatuh Cinta

  1. Benci Apple tapi kok dapat divisi iOS Rick? 😛

    Gila itu fasilitas makanannya bikin ngiler parah, bisa sekalian perbaikan gizi lu hahaha

      1. Eh gue mau ngoding iOS rick, pak Fajar udah ngeassign dulu. Besok-besok gw mau minta assignment yang ada hubunganny sama XCode aja ah ~

  2. Berasa banget excitement lo mau KP di Ice House Rick (ga keitunglah ada berapa exclamation marks di post ni). Rada overwhelming tapi ya wajarlah. Semoga kelar KP gendutan ya! 😀

    1. wah menurut gua pribadi sih orang-orang yang bikin thread begituan, komen setuju, ngedukung, dan semacamnya itu sih orang-orang IT yang engga bisa nerapin ilmunya dengan baik hehe. Kalo bisa nerapin dengan baik sih harusnya ga banyak keluhan2 kaya yang mereka bilang.

      Atau faktor lainnya mungkin lingkungan kerja yang ga ngerti IT. misalnya bos yang minta kerjaan cepet beres karena dia ga tau gimana susahnya ngeberesin itu kerjaan hahaha.

      Atau ya emang orang itu sendiri yang ga kompeten. entah emang males selama kuliah atau emang lulusan universitas abal-abal yang mungkin nilai akhirnya bagus sehingga diterima kerja #ups

    2. Halo mas Ardi,

      Haters gonna hate. Pekerjaan IT untuk menyenangkan kok kalau tahu tekniknya dengan benar. Di Ice House, gak ada ceritanya kerja gak bener. Semua kerjaan harus didata di Pivotal Tracker (silahkan googling) dan waktunya pengerjaan tercatat di Harvest. Sebelum memulai bekerja, kita bermain yang namanya “Scrum Poker” (silahkan googling), memastikan tidak ada pekerjaan yang molor.

      Nah, kalo kerjanya serabutan, ya emang kaya gitu :))

      Salam, tetap semangat ya 😀

  3. Kalo boleh tau KP di sana berapa lama mas Ricky? Jam kerja di sana gimana mas? Saya anak TI juga tapi bukan di UI. Kalo bisa saya juga mau ngelamar di sana. Thank you

  4. wah luar biasa 😀

    jadi termotifasi nih , semoga di banjarmasin ada tempat KP yang kayak gitu , ngarep :3

Leave a comment